Terbukti! Ruang Memori Smartphone Anda Tidak 100% Dapat Digunakan.

Informasi Gadget Terkini - Tahukah ada, berapa besar ruang atau space yang sebenarnya ada di memori internal di smartphone yang baru saja anda beli? Apabila anda membeli smartphone dengan kapasitas internal memori sebesar 16GB seperti disebutkan dalam spesifikasi, apakah benar-benar memiliki ruang sebsar 16GB. Jawabanya adalah TIDAK!. Contohnya pada smartphone Samsung Galaxy S4, ternyata ruang untuk menyimpan data pada Galaxy S4 hanyalah sebesar 8,56GB saja dan bukan 16GB seperti disebutkan dalam spesifikasi. Lalu sisa ruang memory yang ada hilang kemana?


Sebenarnya hampir setiap merek handphone mengorbankan sejumlah ruang dalam memory internal untuk diisi dengan beberapa program pre-installed yang sudah diisi soleh pabrik sebelum dijual kepada konsumen. Program-program tersebut diantaranya sistem operasi, apps, skin dan bloatware. Bloatware adalah sebutan untuk program atau aplikasi yang tidak diinginkan dan sudah diinstal ke kedalam handphone, tablet atau komputer. Jadi, ruang yang ada pada memory ketika baru membeli sebuah smartphone tidaklah seperti yang disebutkan dalam kotak pembungkusnya seperti 8, 16 atau 32 GB. Yang terjadi adalah ruang dalam memori internal yang dapat anda gunakan kurang dari yang disebutkan dalam spesifikasi.

Yang menjadi permasalahan dari bloatware tersebut adalah ada beberapa software yang sebenarnya tidak dibutuhkan oleh para pembeli. Dan diantara app dan program tersebut, ada beberapa yang tidak bisa dihapus dari memori.

Salah satu merek dan tipe smartphone yang menyediakan ruang dalam memori internetl paling sedikit adalah Samsung Galaxy S4. Seperti disebutkan oleh whick.co.uk, masalah ini diketahui ketika dilakukan uji laboratorium terhadap beberapa smartphone. Uji lab yang diakukan bertujuan untuk handphone mana yang memiliki fitur yang baik dibandingkan dengan handphone lain. Uji terhadap handphoen tersebut dilakukan oleh para ahli independen dan uji teknikal laboratorium.

Beberapa merek handphone yang diuji terhadap ruang internal memory adalah smartphone yang memiliki internal memory sebenar 16 GB yaitu: Apple iPhone 5C, Google Nexus 5, Apple iPhone 5S, Sony Xperia Z1, Blackberry Z30, HTC One Mini, LG G2, Samsung Galaxy S4. Dari semua merek yang disebutkan diatas, Apple iPhone 5C memberikan ruang terbesar pada memory internal yaitu sebanyak 12,6GB atau 79%, sedangkan Google yang mengusung sistemAndroid mirip dengan Galaxy S4 dengan 12,28GB atu 77%.

Berikut ini urutan merek handphone yang memiliki ruang terbesar di memori internal berdsarkan uji lab :
  • Apple iPhone 5C 12,6GB - 79%
  • Google Nexus 5 12,28GB - 77%
  • Apple iPhone 5S 12,20GB - 76%
  • Sony Xperia Z1 11,43GB - 71%
  • Blackberry Z30 11,20GB - 70%
  • HTC One Mini 10,44GB - 66%
  • LG G2 10,37GB - 65%
  • Samsung Galaxy S4 8,56GB - 56%

gambar :which.co.uk

Disrankan, apabila and amembeli smartphone pastikan bawah handphone yang ada beli memiliki slot kartu memori yang dapat menambah ruang untuk menyimpan data saat anda memerlukannya. Mengandalkan karu memori internal saja akan membuat anda tidak leluasa ketika harus menyimpan foto-foto, lagu dan video yang ingin anda simpan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Facebook Memperkenalkan Tiga Fitur Sebagai Kontrol Privasi

Handphone 5G Xiaomi Terbaru Dugaan Tampilan Foto Spesifikasi dan Harga