Tablet iPad Air 2 dari Apple - Kecepatan Prosesor Setara Dengan Laptop

Tablet Apple Terbaru - Apple kebali mengeluarkan produk tab terbaru mereka. Dimana tablet iPad Air 2 menjadi versi terbaru dari tab sebelumnya yaitu iPad Air. Namun kali ini tablet ini memiliki sesuatu yang berbeda yaitu dengan prosesor yang memiliki kecepatan hampir setara dengan laptop.

Kelebihan Tablet iPAd Air 2 Dibanding Pendahulunya

Seperti sudah ramai di beritakan, bahwa Apple mengeluarkan tablet paling anyar dengan kode Air 2. Dimana tablet ini memiliki desain yang lebih tipis dan pastinya lebih ringan. Dan keunggulan lain terdapat pada kamera yang lebih baik dibandingkan dengan pendahulunya. Walaupun banyak yang memberi review bahwa perbandingan kamera iPad Air 2 tidak lebih baik dibandingkan dengan iPhone 5S dan 6.

Kekuatan Tablet iPad Air 2 Terdapat Pada Prosesor

Namun saat ini yang menjadi perhatian banyak orang adalah, mengenai prosesor yang tertanam didalam casing tablet ini. Dimana prosesor yang digunakan iPad air 2 adalah A8X SoC. Disebutkan, bahwa prosesor ini menggunakan tiga miliar transisto dan CPU tiga core. Spesifikasi prosesor ini setara dengan yang digunakan pada laptop.

Lalu bagaimana dengan perbandingan performa atau sering disebut dengan benchmark dari tablet ini dengan tab lainya. Disebutkan bahwa prosesor iPad Air 2 dengan CPU lebih cepat 40%, dan performa lebih baik hingga 2,5 kali. dibandingkan dengan prosesor A7 yang ditanam pada tablet iPad Air 1. Bencahmark prosesor pada tablete berbeda tadi dpat dilihat dibawah ini.

Benchmark iPad Air 2 dengan tab lain (extremetech.com)


Apabila perbandingan dilakukan pada aplikasi, maka prosesor ini memberikan kecepatan 20% lebih baik untuk tugas sederhana seperti single task. Namun bila digunakan untuk melakukan banyak tugas bersamaan atau multitasking, dapat memberikan performa hingga 2,5 X.

Prosesor yang biasa digunakan pada banyak tablet masa kini adalah Snapdragon 805. Bia dibandingkan antara Snapdragon 805 vs A8X, maka proseso yang pertama ini hanya memiliki kecepatan 50%-nya saja dibandingkan dengan yang terakhir. Memang dari segi teknikal, dapat disebutkan bahwa, prosesor A8X memiliki spek yang setara dengan chip pada desktop seperti di Intel Haswell. Intel Haswell sendiri saat ini digunakan pada laptop Apple MacBook Air. Transistor yang terdapat pada prosesor menentukan seberapa kuat dan cepatnya sebuah prosesor.

Disebutkan, iPad Air 2 memiliki kecepatan browsing yang sama dengan yang dilakukan pada laptop masa kini. SEhingga dapat dikatakan, bahwa tab Apple terbaru ini memiliki bentuk sebuah tablet namun dengan kemampuan laptop. Banyak yang meramalkan, disuatu saat tablet mampu menyaingi laptop, bahkan secara ekstrem mampu "menggantikan" laptop.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Facebook Memperkenalkan Tiga Fitur Sebagai Kontrol Privasi

Handphone 5G Xiaomi Terbaru Dugaan Tampilan Foto Spesifikasi dan Harga