Melihat Perbandingan Tablet Nokia N1 Dan Google Nexus 6

Spesifikasi Smartphone - Setelah dsebutkan kemarin bahwa Nokia akhirnya mengeluarkan produk pertama mereka setelah Lumia diakuisisi oleh Microsoft. Produk pertama mereka adalah tablet Nokia N1 dengan menggunakan sistem operasi Google Android 5.0 Lollipop. Dan N1 akan coba disandingkan dengan produk tablet dengan spesifikasi serupa yaitu Google Nexus 9 Seperti apa perbedaan antara kedua tab tersebut.

Nokia N1 Siap Bertarung Melawan Nexus 9

Gambar Tablet Nokia N1
Tablet Nokia N1 yang dibandingkan dengan tablet Google Nexus 9


Setelah banyak disebut-sebut bahwa nama Nokia tidak akan lagi hidup karena setelah diakuisisi oleh Microsoft, tidak ada lagi produk perusahaan elektronika ini yang bisa untuk dipromosikan. Dengan berubahnya nama dari Nokia Lumia menjadi Microsoft Lumia, Nokia sudah tidak memiliki gadget yang bisa diandalkan.

Namun beberapa hari kemarin, CEO Nokia menyatakan bahwa mereka akan segera mengeluarkan produk terbaru mereka namun masih dalam rahasia. Dengan simbol sebuah kotak berwarna hitam yang masih menjadi teka-teki mengenai isinya. Ternyata kemarin Nokia mengeluarkan produk terbaru mereka yaitu berupa tablet, dengan nama Nokia N1.

Nokia N1 Dibuat Perusahaan Dari Cina

Nokia N1 ini menjadi tablet pertama Nokia yang dikerjakan oleh perusahaan elektronika asal Cina, Foxconn. Dimana bentuk dan banyak hal dari N1 ini ternyata mirip dengan iPad Mini 3. Sehingga tablet Nokia ini apat disebut sebagai kloningan dari tablet iPad.

Dari sisi bentuk dan ukuran serta desain sangat mirip. Yang membedakan terletak pada sistem operasi. Dimana Nokia N1 menggunakan OS Android, sedangkan iPad memiliki sistem opeasi sendiri yaitu iOS. OS Android yang terbaru ini diadopsi oleh Nokia, padahal sebelumnya perusahaan asal Finlandia ini sangat menggandrungi OS Windows untuk smartphone terutama pada seri Lumia yang sangat fenomenal.

Namun perbandingan antara Nokia N1 dan iPad Mini 3 menjadi terlihatnya dari segi harga dan sistem operasi. Dan kali ini akan mencoba membandingkan antara Nokia N1 dengan Google Nexus 9 yang sama-sama menggunakan sistem operasi Google Android 5.0 Lollipop.

Nokia N1 benar-benar mencuri perhatian konsumen dari Google Nexus 9. Dimana N1 sendiri menggunakan chip Intel 64 bit dengan desain menggunakna bahan aluminium yang memperlihatkan tablet kelas atas. Dari sisi harga, Nokia N1 akan dibanderol pada harga US$250, yang mulai penjualannya pada bulan Februari 2015. Harga N1 tersebut hanya setengah harga dari model Nexus 9 paling murah.

Tablet Google Nexus 9

Sementra untuk tablet Nexus 9 sendiri dibuat dengan tujuan agar nyaman ditangan saat digunakan untuk bekerja atau juga mendapatkan hiburan. SElain itu dengan desain yang ramping, menjadi mudah dibawa.
Google Nexus 9 Menggunakan Keyboard

Perbandingan Antara Tablet Nokia N1 dan Google Nexus 9

Dan sekarang saatnya untuk mengetahui mana yang lebih unggul diatas kertas dengan cara melakukan perbandingan Nokia N1 vs Nexus 9

Dimensi Dan Desain

Nokia N1: 201 x 139 x 6.1mm > Bobot : 318g
Nexus 9 : 228 x 154 x 7.9mm > Bobot : 425g

Hampir dari semua sisi ukuran menunjukkan, N1 memperihatkan ukuran yang lebih kecil. Namun ada yang lebih terasa yaitu terletak pada bobot, dimana N1 lebih ringan hampir 100 gram dibandingkan dengan Nexus 9. Bentuk Nokia N1 lebih nyaman di tangan dibandingkan denganNexus 9. Bila membandingkan dengan iPad Air yang menjadi pesaing kedua tablet yaitu dengan ketebalan 6,9 mm, Nokia N1 masih memiliki dimensi yang lebih kecil.

Debut tablet Android Nokia memperlihatkan keunggulan dalam hal desain. Sebagai perbandingan, Nexus 9 memiliki belakang plastik polikarbonat.

Nokia N1 juga sudah memasukkan port USB tipe C, membuatnya menjadi salah satu perangkat tablet pertama yang mendukung standar USB baru yang dapat dirubah.

Display / Layar

Nokia N1
Ukuran Layar : 7,9 inch
REsolusi : 1536x2048
Jenis : IPS LCD touchscreen
Kerapatan : 324ppi
Google Nexus 9
Ukuran Layar : 8,9 inch
REsolusi : 1536x2048
Jenis : IPS LCD touchscreen
Kerapatan : 281ppi

Melihat dari segi layar, tidak ada tablet yang mendapatkan nilai lebih antara N1 vs Nexus 9, Googl ememberikan ukuran layar yagn sedikit lebih lebar dibandingkan dengan N1. Tapi Nokia juga memberikan resolusi dengan kerapatan yagn lebih besar. Kerapatan resolusi layar akan memberikan gambar yang lebih jerniah, tajam dan jelas.

Namun, N1 akan menggunakan teknologi tanpa ruang udara, dimana teknologi ini ditemukan pada smartphone Nokia, yang akan menghasilkan warna dan efek sentuh yang lebih baik lagi.

Perangkat Lunak / Sistem Operasi

Nokia N1: Sistem Operasi Android 5.0 Lollipop
Nexus 9: Sistem Operasi Android 5.0 Lollipop

Kedua tablet menggunakan Os yang sama yaitu Android 5.0 Lollipop. Namun dari sisi aplikasi, Nokia N1 telah memasukkan apps Nokia Z Launcher, aplikasi yang dapat beradaptasi dengan bagaimana pengguna menggunakan tablet dan dapat ditampilkan saat pertama kali tablet dibuka. Hal ini juga memungkinkan Anda untuk mencorat-coret surat pada layar untuk menemukan apa yang Anda cari.

Perangkat Keras

Nokia N1
Prosesor : Quad-core
Kecepatan : 2.3GHz
Chip : Intel Atom Z3580
Memori RAM : 2GB

Nexus 9
Prosesor : Dual-core
Kecepatan : 2.3GHz
Chip : Nvidia Tegra K1
Memori RAM : 2GB

Kedua tablet telah memanfaatkan dukungan sistem oeprasi yang menggunakan chip 64 bit. Hanya saja dari sisi performa dalam menjalankan aplikasi masih belum dapat dibandingkan, karena Nokia N1 baru akankeluar pada bulan kedua tahun depan.

Kamera

Nokia N1
Kamera Depan : 5MP
Kamera Belakang : 8MP, 1080p HD video
Nexus 9
Kamera Depan : 1.6MP
Kamera Belakang : 8MP, 1080p HD video

Nokia masih mengungguli Nexus 9 untuk kamera depan dengan ukuran resolusi yang jauh lebih besar. Sementara untuk kaera belakang, kedua tablet menggunakan ukuran yang sama.

Kapasitas Simpan

Nokia N1
Internal : 32GB
External : Tidak ada microSD
Nexus 9
Internal : 16GB atau 32GB
External : Tidak ada microSD

Kelebihan yang dimiliki oleh Google dengan menyediakan dua versi dari tablet dengan internal storage yang berbeda. Namun keduanya tidak menyediakan slot untuk memasukkan microSD yang digunakan menambah kapasitas simpan data.

Baterai

Nokia N1: 5,300mAh
Nexus 9: 6,700mAh

Secara teori, kapasitas bateri yang lebih besar akan mampu menjalankan perangkat lebih lama. Nexus 9 sendiri sudah menyatakan bahwa tablet mereka mampu menjalankan media hiburan selama 9,5 jam dalam sekali pengisian baterai.

Dengan perbandingan diatas, anda bisa menentukna sendiri mana yang lebih baik antara Nokia N1 dan Nexus 9.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Facebook Memperkenalkan Tiga Fitur Sebagai Kontrol Privasi

Handphone 5G Xiaomi Terbaru Dugaan Tampilan Foto Spesifikasi dan Harga