Cara Menghancurkan Harddisk Untuk Hindari Pencurian data

Teknologi masa kini membuat banyak orang menyimpan informasi penting baik data pribadi, password, nomor rekening, nomor telepon dan lainnya dalam harddisk atau kadang disebut hard drive. Namun ada kalanya, hard disk tersebut tidak akan dipergunakan lagi, atau ada kerusakan yagn membuatnya tidak dapat dipe

rgunakan kembali. Sementara banyak sekali data yang terseimpan dalam sistem penyimpanan tersebut.



Saat ini pencurian data sangat marak baik secara online maupun offline. Hard disk yang merupakan tempat menyimpan data juga termasuk alat yang biasanya di sedot datanya dalam bentuk file dokumen, foto, video, edit gambar, desain website dan lainnya. Lalu bagaimana cara menghilangkan informasi yang terseimpan dalam hard disk tersebut. Berikut ini tipsnya.

1. Mematahkan Bagian Menjadi Kecil

Mematahkan setiap bagian menjadi ukuran yang kecil menjadi solusi sederhana yang paling aman untuk menghindari penyedotan data dari hard disk yang sudah tidakdigunakan kembali. Anda bisa menghancurkan

Saat dibutuhkan, Anda harus mempertimbangkan untuk menyewa mesin penghancur profesional dan spesialis penghancuran hard drive untuk sepenuhnya menghancurkan hard drive Anda. Spesialis ini menggunakan alat dan mesin khusus untuk merobek drive menjadi rusak. Ketika pecahan hard disk Anda bercampur dengan pecahan lain, menjadi tidak mungkin untuk menyusun kembali untuk mengambil data apa pun di drive.

Ada perusahaan yang tersedia yang akan datang ke lokasi Anda. Layanan ini disarankan karena Anda tidak perlu khawatir tentang apa yang terjadi dalam perjalanan, mengurangi kemungkinan hard drive hilang atau dicuri. Perusahaan akan menghancurkan drive saat Anda menonton. Anda kemudian dapat yakin bahwa hard drive Anda hancur sebelum seseorang mengambil informasi apa pun darinya.

2. Magnetik Harddisk

Cara lain untuk merusak hard disk adadlah dengan magnet. Dimana hard disk dileatkan pada medan magnet yang kuat atau gelombang elektromagnet. Cara ini bertujuan untuk menghapus medan magnet pada haddisk. Karena ketika harddisk kehilangan medan magnet, maka tidak dapat menyimpan data kembali. Sehingga data anda akan hilang total dengan aman.

3. Menimpa Data

Menghapus data tidak menjamin data tidak dapat ditarik kembali. Cara ini hanya menyembunyikan file tersebut dari pandangan anda saja. Oleh karena itu sangat penting untuk menimpa data atau file tersebut. Cara ini juga termasuk dengan memindahkan area dari disk dengan beberapa data yang tidak memiliki arti.

Ada banyak aplikasi atau perangkat lunak untuk menimpa file tersebut. Aplikasi yang idgunakan harus kompatible dengan harddisk anda. Dan prosesnya harus dilakukan secara hati-hati agar diperoleh hasil yang diinginkan. Cara ini memang tidak mutlak melindungi data anda. Karena ada beberapa orang yang memiliki kemampuan menyedot data walaupun telah mengalami penimpaan data.

4. Menghancurkan Secara Total

Harddisk akan mudah digunakan apabila dalam bentuk yang normal. Dengan menghancurkan menjadi keping-keping yang kecil, maka akan sulit untuk menyatukan kenbali kepingan-kepingan tersebut. Memukul dengan palu ataudengan cara lain agar piringan harddisk menjadi remukan yang kecil.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Facebook Memperkenalkan Tiga Fitur Sebagai Kontrol Privasi

Handphone 5G Xiaomi Terbaru Dugaan Tampilan Foto Spesifikasi dan Harga