Cara Benar Merawat Baterai Laptop Apple Macbook Supaya Awet dan Usia Panjang

Tips Baterai Laptop Apple - Baterai merupakan nyawa terpenting dari sebuah laptop agar bisa bersifat mobile atau dipindah-pidahkan dengan mudah tanpa harus terhubung ke sumber listrik begitu juga dengan laptop Apple Macbook. Karena fungsi utama laptop adalah mesin komputasi yang bersifat portable atau dapat disebut komputer jinjing. Sehingga perawatan baterai laptop menjadi sangat penting. Lalu bagaimana cara merawat baterai laptop Apple agar dapat memiliki umur pakai yang panjang? Ikuti tips berikut ini supaya masa pakai baterai laptop menjadi panjang.

Pentingnya Peawatan Baterai Laptop Apple

Setiap laptop memiliki cara perawatannya sendiri, begitu juga dengan spesifikasi laptop Apple ini. Dengan cara perawatan yang benar, maka masa pakai baterai laptop Macbook sebelum dilakukan isi ulang, dapat diperpanjang. Selain itu usia baterai pun menjadi awet. Baterai notebook Apple di disain untuk dapat di charge hingga 1000 kali dan siklus penguranan isi hingga 80% dari kapasitas aslinya.

Tips dan Rekomendasi Perawatan Bateri Laptop Apple

  1. Pihak Apple menyarankan penggunaan bateri pada laptop hanyalah pada saat dalam bepergian. 
  2. Sedangkan penggunaan laptop seperti di kantor atau rumah yang tersedia sumber listrik secara bebas, penggunaan baterai sebaiknya dikurangi dan sebaiknya menggunakan komputer meja. 
  3. Selain itu pihak Apple juga merekomendasikan untuk selalu melakuan pengisian ulang dan pengosongan baterai sedikitnya satu kali dala sebulan. 
  4. Ketika sumber daya yang ada pada baterai tidak cukup memadai untuk menyalakan laptop selama waktu kebutuhan anda, akan lebih baik mencopotnya saja. 
  5. Apabila memiliki rencana tidak akan menggunakan notebook selama 6 bulan, direkomendasikan untuk menyimpan baterai notebook dengan kapasitas 50%. Apabia dibiarkan pada kondisi kosong, dapat mengakibatkan kerusakan dan tidak dapat diisi ulang kembali. Namun bila dibiarkan pada kondisi terisi penuh, dapat mengakibatkan  kehilangan kapasitas simpan baterai dan berujung memperpendek usia baterai laptop.
  6. Simpah baterai pada suhu kamar atau sekitar 22C.

Pengaturan Laptop untuk Perawatan Baterai Apple yang Optimal

  • Setttingan  laptop sendiri memiliki peranan yang penting dalam peatawan baterai Apple Macbook. Ikuti settingan dibawah ini supaya baterai tetap awet :
  • Energi : Control panel pengheat energy (Energy Saving) memberikan beberapa pilihan pengaturan yang menentukan tingkat tenaga yang digunakan dari atpop Apple anda. Penggunaan tenaga secara maksimal,d saat menyebabakan baerai cepat habis.
  • Brightness : Atur settingan cahaya pada komputer sesuai kebutuhan saja.
  • Airport Wireless : Fitur airport menyedot banyak energi baterai. Apabila tidak diperlukan, matikan fitur ini untuk sementara.
  • Bluetooth Wireless : Nyalakan fitur blueto hanya pada saat dibutuhkan saja.
  • Aplikasi dan Peralatan : Nyalakan software dan peralatan yang diperlukan saja untuk mengurangi konsumsi energi yang berlebihan.

Semoga tips cara merawat baterai laptop Apple ini bermanfaat untuk memperpanjang umur notebook anda.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Facebook Memperkenalkan Tiga Fitur Sebagai Kontrol Privasi

Handphone 5G Xiaomi Terbaru Dugaan Tampilan Foto Spesifikasi dan Harga