Tips Membeli Laptop Hybrid - Panduan Memilih Notebook Terbaru

Informasi Laptop hybrid - Laptop terbaru saat ini memiliki bentuk yang dapat dikatakan sangat berbeda sekali dengan laptop keluaran (setidaknya)1 tahun kemarin. Dimana laptop baru yang ada sekarang tidak hanya sebuah layar yang tersambung permanen langsung dengan keyboard dan dapat dijinjing kemana-mana. Namun juga dapat dilepas dan berfungsi sebagai tablet.Laptop seperti ini disebut dengan laptop hybrid (laptop hybrid). Apabila anda tertarik untuk memilki laptop jenis ini, ikuti tips cara memilih laptop hybrid berikut ini.

Apa Laptop hybrid

Perkembangan teknologi informasi yang sangat cepat membuat banyak kemajuan dan perubahan pada produk informatika. Salah satu yang telah banyak berubah adalah pada produk laptop atau notebook. Salah satunya adalah laptop hybrid.

Laptop hybrid memiliki beberapa mode penggunaan dimana secara garis besar adalah :
  • Mode berupa laptop standar, dimana mengetik menggunakan keyborad yang terhubung langsung dengan layar
  • Mode yang dapat dilepas dari keyboard dengan menggunakan fitur layar sentuh.
  • Layar laptop yang dapat di putar hingga sudut 360 derajat hingga bersisian dengan keyboard
  • Laptop yang memiliki dua layar pada kedua sisinya.
Penggunaan laptop pada mode tertentu dilakukan berdasarkan fungsi yang diinginkan. Ketika laptop digunakan untuk bekerja dengan banyak melakukan pengetikan, maka fungsi keyboard, touchpad (papan sentuh sebagai gantinya mouse) dan program desktop yang akan dipilih.

Ketika berada pada situasi santai dan ingin menggunakan laptop, maka layar dapat dilepaskan dari keyboard dan menggunaka layar sentuh (touchscreen) untuk mengetik dan juga pengganti mouse. Fungsi ini biasanya digunakan ketika untuk membaca email, sosial media seperti Facebook, Twitter atau ketika bermain game.

Tips Bagaimana Cara Memilih Laptop hybrid

  1. Ukuran Layar.
    Laptop hybrid di desain berdasarkan fungsi utama. Ada laptop hybrid yang fungsi utamanya adalah sebagai tablet. Tapi ada juga yang mengutamakan fungsi sebagai laptop. SEmakin kecil ukuran layar, maka akan semakin mudah untuk dibawa. Laptop hybrid dengan ukuran layar 10 inch fungsi utamanya lebih sesuai digunakan sebagai tablet. Untuk ukuran layar 13 inch ke atas lebih sesuai digunakan oleh para pengguna yang mengutamakan produktivitas. Untuk ukuran 15 inch, fungsi tablet hanya merupakan bonus saja.
  2. Layar Dapat Dilepas, Digeser atau Desain yang Fleksibel?
    Bagian terbaik ketika membeli laptop hybrid 2-in-1 Ultrabook adalah tidak ada 1 ukuran yang sesuai untuk semua keadaan.
    • Layar yang dapat dilepas merupakan pilihan yang bagus untuk mereka yang jarang menggunakan keyboard. Fungsi tablet terhubung dengan bagian utama menggunakan baterai kedua.
    • Pilihan kedua adalah dengan melipat layar dibelakang keyboard, membuatnya mudah untuk merubah dari fungsi laptop menjadi tablet. Atau anda dapat merubahnya menjadi mode presentasi, nyaman ketika menonton film atau ketika memberi presentasi. Lenovo Yoga dan Dell XPS 12 merupakan contoh terbaik dari fungsi ini
    • Laptop hybrid dengan desain digeser sangat mudah ketika merubah dari fungsi tablet ke laptop. Dan laptop tipe ini memiliki bentuk yang lebih tipis dbandingkan dengan laptop model lama yang dapat berubah bentuk. Sony Duo 13 salah satu cotoh.
  3. Prosesor dan Spesifikasi yang Tepat.
    Kebanyakan laptop hybrid 2-in-1 ultrabook menggunakan prosesor Intel generasi ke empat. Sebuah CPU dengan prosesor Core i3 menawarkan performa yang bagus untuk tugas sehari-hari. Namun core i5 akan menyediakan keseimbangan yang lebih baik antara kecepatan dan daya tahan baterai.

    Pilihlah laptop hybrid dengan spesifikasi SETIDAKNYA memory 4GB RAM (6GB lebih baik) dengan hardisk 128GB SSD. Drive ini mampu hidup dari kondisi "sleep" dengan sangat cepat. Apabila anda ingin menghemat uang, maka dapat memilih laptop 2-in-1 dengan drive hybrid berupa kombinasi standar hardrive hardisk 500GB) dengan sejumlah flash cache. Hindari laptop hybrid yang tidak memiliki sedikitpun flash cache karena tidak akan responsive.

    Apabila anda ingin lebih hemat, anda bisa mengorbankan beberapa sumber tenaga dan ukuran laptop. Pertimbangan laptop 2-in-1 yang menggunakan prosesor Intel Atom. Pastikan prosesor tersebut menggunakan chip Bay Trail yang menawarkan performa yang lebih baik dibandingkan dengan CPU yang menggunakan chip Clover Trail.
  4. Resolusi Layar.
    Resolusi menentukan seberapa jernih dan jelas gambar yang ditampilkan pada layar laptop. Resolusi paling terjangkau memiliki ukuran 1366 x 768 pixel, dan ukuran lebih jelas lagi adalah layar dengan 1600 x 900 px atau full HD (1920 x 1080-pixel). Dengan memperhatikan ini akan menentukan seberapa nyaman anda melihat kualitas gambar dan kemampuan untuk menampilkan 3 jendela berdampingan bagi mereka yang sering melakukan multitasking.

    Beberapa model menawarkan resolusi yang lebih besar yaitu Quad HD 2560 x 1440 pixels seperti Lenovo Yoga Pro2 yang memberikan tampilan lebih detil pada editing foto.
  5. Tentukan Budget.
    Para konsumen umumnya membeli laptop pada umumnya dibatasi atas kemampuan keuangan. Dengan dana yang tersedia, calon pembeli menyesuaikan antara harga dengan spesifikasi yang ditawarkan.

    Laptop Ultrabook 2-in-1 dapat ditawarkan dengan harga Rp. hingga Rp. 20 juta. Tergantung pada anda ketika memilih laptop hybrid. Sebagai contoh, sebuah laptop hybrid yang lebih murah mungkin menggunakan prosesor Core generasi ketiga dan resolusi rendah 1366 x 768-pixel. Yang lebih mahal menggunakan CPU core generasi ke empat (dapat menghemat baterai dan gambar yang lebih baik) dan tampilan full HD dapat dibeli dengan harga Rp. 15 juta atau lebih.

    Para pembeli yang akan mencari tablet sebagai fungsi pertama dengna harga yang terjangkau, dan notebook sebagai fungsi kedua, sebaiknya mempertimbangkan laptop 2-in-1 yang ditenagai oleh prosesor Intel Bay Trail. Beberapa perangkat ini dihargai paling rendah sekitar Rp. 8 jutaan. Tapi anda harus ingat bahwa hanya dapat melihat layar yang kecil dan keyboard, dan anda tidak akan mendapatkan kemampuan multitasking dan gambar dengan kualitas bagus. 
Semoga artikel panduan membeli laptop hybrid ini berguna bagi anda.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Facebook Memperkenalkan Tiga Fitur Sebagai Kontrol Privasi

Handphone 5G Xiaomi Terbaru Dugaan Tampilan Foto Spesifikasi dan Harga