Apa laptop Hibrid - Convertible Itu?

Dengan rilis Windows 8, telah terjadi perubahan besar yang difokuskan pada tampilan antar muka pada pengguna dengan layar sentuhya. Salah satu tujuan Microsoft dengan rilis software baru ini adalah untuk menyatukan pengalaman pengguna antara desktop, laptop dan sistem komputer tablet. Salah satu cara yang produsen lakukan untuk menangani ini adalah dengan memproduksi laptop model baru atau tablet yang disebut dengan hybrid atau convertible (laptop yang dapat drubah cara penggunaannya). Jadi apa arti laptop Hybrid sebenarnya bagi konsumen?


Pada dasarnya, laptop hybrid atau convertible adalah jenis sistem komputer yang dapat berfungsi baik sebagai laptop atau komputer tablet. Perangkat tersebut tentu saja digunakan sebagai sarana utama input data. Sebagai laptop, perangkat ini digunakan melalui keyboard dan mouse. Pada tablet, semuanya dilakukan melalui tampilan antarmuka layar sentuh dan keyboard virtual.

Beberapa Metode Merubah Laptop menjadi Tablet

Menggunakan Clam Shell

Metode yang paling umum untuk membuat laptop convertible adalah dengan menciptakan sebuah layar touchscreen yang didesain menggunakan clam shell seperti laptop tradisional. Untuk merubah laptop menjadi tablet, maka layar dapat diputar, memutar pada satu sumbu atau dilipat sedemikian rupa sehingga kemudian kembali ke posisi tertutup, tetapi dengan posisi layar terbuka. Beberapa contoh ini termasuk Dell XPS 12, Lenovo Yoga 13, Lenovo ThinkPad Twist and Toshiba Satellite U920t. Masing-masing menggunakan metode yang sedikit berbeda untuk melipat, menggeser atau memuutar layar.

Gambar Laptop Hybrid Dell XPS 12
Dell XPS 12
Gambar Laptop Hybrid Lenovo Yoga 13
Lenovo Yoga 13


Baca : Cara Merubah Tampilan Windows 8 dan 8.1 Menjadi Win 7

Menggunakan Dockable atau Hybrid

Metode lainnya adalah dockable atau sistem hybrid. Pada sistem ini, pada dasarnya komputer utama terletak di dalam unit display. Ini berfungsi terutama sebagai tablet tetapi jika pengguna ingin menggunakannya seperti laptop, bagian tablet dapat disamgungkan ke dalam sistem keyboard yang kemudian akan menampilkan keyboard, mouse, baterai ekstra dan port perangkat tambahan seperti yang ada pada laptop tradisional. Sekarang jenis desain ini tidak digunakan pada kebanyakan laptop. Salah satu yang menggunakan adalah seri tablet ASUS Transformer termasuk VivoTab Smart.

Gambar Notebook Hybrid Asus VivoTab Smart
Asus VivoTab Smart


Baca : Daftar Laptop Terbaik Untuk Bisnis tahun 2014

Sebenarnya pembuatan laptop hybrid telah dilakukan pada waktu sebelumnya ketika sistem operasi Windows XP Tablet diluncurkan. Namun dikarenkan masih banyak kelemahan yang terjadi seperti tampilan antarmuka yang tidak optimal, harga yagn terlalu mahal. Akibatnya yagn terjadi adalah dibutnya sebuah laptop biasa dengan menggunakan layar sentuh.

Dengan informasi ini semoga anda menjadi mengetahui apa laptop hybrid atau convertible yang mulai menjadi trend akhir-akhir ini.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Facebook Memperkenalkan Tiga Fitur Sebagai Kontrol Privasi

Handphone 5G Xiaomi Terbaru Dugaan Tampilan Foto Spesifikasi dan Harga